Sekilas Mengenal Apa Itu Saham

Mengenal Apa Itu Saham

Salah satu jenis investasi yang banyak diminati oleh berbagai elemen masyarakat adalah Investasi Saham. Sebagian dari anda mungkin masih bertanya-tanya apa itu saham? Definisi saham adalah surat berharga yang merupakan tanda bukti kepemilikan perorangan atau badan usaha sebagai penyertaan modal pada sebuah perusahaan. Jadi, dengan selembar saham artinya pemiliknya mempunyai satu bagian kepemilikan semakin banyak lembar saham yang dimiliki berarti semakin banyak bagian kepemilikan perusahaan.

Dalam rangka melakukan usaha ini perusahaan akan menjual saham perusahaan kepada investor (Biasa disebut Go Public) atau meminjam uang dari bank. Jadi dengan membeli saham artinya Anda menjadi salah satu pemilik perusahaan tersebut walaupun saham yang Anda miliki bernilai kecil. Konsekuensinya Anda akan mendapat bagian keuntungan perusahaan sekaligus aset.

Keuntungan Saham

Pada dasarnya Setiap orang Ber Investasi adalah mencari keuntungan, di dalam instrument saham ada dua keuntungan yang diperoleh investor dengan membeli atau memiliki saham yaitu sebagai berikut :

  1. Dividen
    Dividen merupakan pembagian keuntungan yang diberikan perusahaan dan berasal dari keuntungan yang dihasilkan perusahaan. Dividen diberikan setelah mendapat persetujuan dari pemegang saham dalam RUPS. Jika seorang pemodal ingin mendapatkan dividen, maka pemodal tersebut harus memegang saham tersebut dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu hingga kepemilikan saham tersebut berada dalam periode dimana diakui sebagai pemegang saham yang berhak mendapatkan dividen.
    Dividen yang dibagikan perusahaan dapat berupa dividen tunai – artinya kepada setiap pemegang saham diberikan dividen berupa uang tunai dalam jumlah rupiah tertentu untuk setiap saham – atau dapat pula berupa dividen saham yang berarti kepada setiap pemegang saham diberikan dividen sejumlah saham sehingga jumlah saham yang dimiliki seorang pemodal akan bertambah dengan adanya pembagian dividen saham tersebut.
  2. Capital Gain
    Capital Gain merupakan selisih antara harga beli dan harga jual. Capital gain terbentuk dengan adanya aktivitas perdagangan saham di pasar sekunder. Misalnya Investor membeli saham ABC dengan harga per saham Rp 2.000 kemudian menjualnya dengan harga Rp 2.500 per saham yang berarti pemodal tersebut mendapatkan capital gain sebesar Rp 500 untuk setiap saham yang dijualnya.

Mengapa Perusahaan Go Public / Menerbitkan Saham ?

Go public merupakan penawaran efek/ surat berharga kepada masyarakat umum, baik perorangan maupun lembaga melalui Bursa efek (BEI). Pertama kali, artinya bahwa pihak emiten/perusahaan menerbitkan efek untuk pertama kalinya dan melakukan penjualan efek tersebut di pasar perdana.
Secara umum, perusahaan yang memutuskan untuk Go Public, memiliki beberapa tujuan dan konsekuensi yang harus ditanggung oleh perusahaan. Perusahaan yang melakukan go public, mempunyai beberapa tujuan, yaitu antara lain:

  • Mendapatkan dana untuk perluasan usaha (ekspansi) atau diversifikasi usaha dan memperbaiki struktur modal perusahaan.
  • Meningkatkan nilai perusahaan (shareholder value).
  • Melepaskan sahamnya untuk mendapatkan keuntungan (divestasi)

Untuk Melihat List Harga Saham secara real time silahkan kunjungi Halaman Live Market.

Rekomendasi Untuk Anda Sekilas Mengenal Apa Itu Saham

3 thoughts on “ Sekilas Mengenal Apa Itu Saham ”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *