Beberapa Alasan Mengapa Berinvestasi Saham

Mengapa Berinvestasi Saham

Mungkin sebagian dari kalian masih bertanya-tanya, mengapa saham ? Saat ini saham masih belum sepopuler dengan investasi lainnya sebagai contoh deposito dan property. Namun pernahkah anda berfikiran turut serta memiliki perusahaan tersebut, sebagai contoh selain deposito kita juga dapat membeli kepemilikan perusahaan perbankan tersebut. Dengan membeli saham, secara otomatis kita juga terdaftar sebagai pemilik perusahaan tersebut dan memiliki hak untuk mendapatkan Dividen yang dibagikan ke setiap pemegang saham.

Berikut hal yang bisa dijadikan alasan mengapa investasi saham dibandingkan dengan instrumen investasi lainnya :

1. Transaksi Jual – Beli saham sangat mudah

Dulu transaksi saham memang agak merepotkan karena masih secara manual membawa kertas saham (warkat) ke kantor bursa efek setiap kali akan membeli atau menjual saham. Namun sekarang dengan kemajuan teknologi transaksi jual beli saham semakin mudah bahkan dalam genggaman tangan melalui smartphone kita. Beberapa Perusahaan Sekuritas menyediakan fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari Live Grafik, Berita, dan lainnya.

Di pasar modal Indonesia untuk mempermudah investor dalam berinvestasi maka dibentuklah beberapa indeks yang dapat dipilih selain (IHSG) adalah LQ45 . Saham-saham yang tergabung kedalam indeks ini adalah saham yang memiliki kapitalisasi pasa yang besar dan bagus untuk investasi jangka Panjang.

2. Investasi Saham Bersifat Transparan dan Aman

Setiap perusahaan yang melantai di bursa saham memiliki kewajiban untuk mempublikasikan Laporan Keuangan perusahaan ke masyarakat agar dapat dinilai kinerja dari perusahaan tersebut. Jadi anda dapat membandingkan kinerja perusahaan dari tahun ke tahun maupun dengan perusahaan sejenis lainnya yang terdaftar di bursa saham.

Untuk Masalah keamanan setiap nasabah akan mempunyai rekening sendiri sendiri yang biasa disebut dengan Rekening Dana Investor (RDI) yang tertera didalam portofolioinya. Rekening ini berbeda dengan rekening Bank pada umumnya karena tidak memiliki wujud fisik Buku Tabungan maupun kartu ATM.

3. Bisa Dimulai Dengan Modal Yang Kecil

Beberapa orang masih menganggap jual – beli saham memerlukan modal yang besar, padahal saat ini sudah banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan pembukaan rekening saham hanya dengan setoran awal senilai 100 ribu saja, bahkan ada yang tanpa setoran awal.

Sebagai contoh saat ini harga saham perusahaan Telkom (TLKM) perlembarnya senilai 3800 dengan minimal pembelian 1 lot (100 Lembar) maka dengan dana sebesar 380.000 saja kita sudah menjadi investor perusahaan ABC. maka kita sudah berhak memperoleh Dividen (selama membeli dalam jangka waktu tertentu) serta mengikuti Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Beberapa hal diatas adalah beberapa hal yang dapat anda jadikan alasan mengapa investasi saham dibandingkan dengan instrument investasi yang lainnya. Jika ada pertanyaan yang lebih lanjut dapat anda tanyakan di kolom komentar.

Rekomendasi Untuk Anda Beberapa Alasan Mengapa Berinvestasi Saham

3 thoughts on “ Beberapa Alasan Mengapa Berinvestasi Saham ”

    1. Untuk setoran dibawah 1 juta mungkin bisa di Indopremiere Sekuritas, tanpa biaya administrasi bulanan kecuali untuk fitur berlangganan “real time price” untuk trading dikenakan biaya 33000 perbulan. jika tidak berlangganan data harga saham delay 15 menit.

  1. Luke Bryan is my favourite US singer. His strong voice takes me away from all problems of this world and I start enjoy my life and listen songs created by his. Now the singer is going on a tour this year. The concerts scheduled for the whole 2019, up to the 12th of October. Ticket prices are moderate and available for everyone. If you are a country music lover as me, then you must visit at least one Luke’s concert. All tour dates are available at the Luke Bryan tour. Open the website and make yourself familiar with all Luke Bryan concerts in 2019!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *