Bagaimana Berinvestasi Saham Bisa Menguntungkan ?

Alasan Orang-orang berinvestasi berbeda beda, diantaranya ingin kaya, ingin meraih financial freedom, sebagai sumber passive income sampai hanya sekedar hobi saja. Yang pasti pada dasarnya orang yang berinvestasi pasti menginginkan keuntungan, tapi dari manakah keuntungan yang kita dapat jika berinvestasi di instrumen saham / pasar modal. Dengan mengetahui darimana kita bisa mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi saham maka kita dapat memaksimalkan potensi keuntungan  yang ada. Pada Umumnya jika kita berinvestasi di saham keuntungan yang kita dapat bersumber dari berikut ini:

1. Dividen

Dalam KBBI Dividen memiliki arti bagian laba. Dapat didefinisikan dengan pendapatan perusahaan yang besarnya telah ditetapkan oleh direksi serta disahkan oleh rapat pemegang saham untuk dibagikan kepada para pemegang saham. Sederhananya, perusahaan yang memiliki keuntungan dari kegiatan bisnisnya akan membagikan keuntungannya tersebut kepada para pemegang saham sesuai dengan jumlah kepemilikan saham.

Dalam pasar modal Indonesia terdapat dua jenis dividen yang dibagikan kepada para pemegang saham, yaitu adalah Dividen tunai dan Dividen Saham. Dividen tunai adalah hasil dari keuntungan saham akan dibagkikan kepada para pemilik saham dalam bentuk uang tunai, cara ini paling umum dilakukan oleh perusahaan-perusahaan yang ada di bursa saham. Sedangkan Dividen saham adalah hasil keuntungan perusahaan dibagikan dalam bentuk saham tambahan yang akan ditambahkan ke portofolio pemegang saham, cara ini mirip dengan stock split.

Yang perlu kita perhatikan jika mengincar keuntungan dari dividen adalah dividend yield sebagai nilai return dividen atau keuntungan yang kita dapatkan. Nilai dividen yield dapat kita ketahui dari nilai dividen persaham dibagi dengan harga saham saat ini. Contohnya PT Telkom (TLKM) saat ini membagikan dividen  persaham senilai Rp148 dengan patokan harga saham TLKM saat ini adalah Rp3.700 Per lembar maka dividen yield TLKM adalah sebesar 4%. Artinya kita akan mendapatkan keuntungan 4 % dari total dana yang kita investasikan di saham TLKM.

Dividen dapat kita peroleh jika kita telah membeli saham dan menahan dana hingga hari cum-date. Cum-date adalah hari dimana pemegang saham masih berhak mendapatkan dividen. Walaupun saham itu akan kita jual keesokan harinya setelah cum-date atau bisa kita sebut ex-date dan biasanya ex-date selang satu hari setelah cum-date. Setelah itu kita tidak perlu menahan dana hingga recording date ataupun payment date. Pengumuman mengenai dividen dan tanggal hari penting pembagian dividen dapat kita ketahui dari website Bursa Efek Indonesia pada bagian profil perusahaan.

2. Capital Gain

Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh dari penjualan aset modal dimana harga jual melebihi harga pembelian investasi. Saat ini banyak investor  menganggap dividen yang diterima hanyalah sebagai bonus tambahan bukan sesuatu yang diincar dan lebih menganggap capital gain lebih menguntungkan.

Sebagai contoh anda membeli saham Telkom (TLKM) di harga Rp 3.000 per lembar saham dan menjualya di harga 4.000 . Dengan selisih harga jual dengan harga beli yaitu 4.000-3.000= 1.000 Maka capital gain yang anda didapatkan adalah Rp 1.000 per lembar saham atau senilai 33,3 % dari modal awal yang di investasikan di saham (TLKM).

Harga saham dipengaruhi oleh banyak faktor , yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam perusahaan sendiri misalnya laporan keuanan atau pergantian ditreksi. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor yang beraasal dari luar perusahaan seperti kebijakan pemerintah , kondisi ekonomi suatu negara dan isu dari luar maupun dalam negeri. Karena itulah jika kita ingin mendapatkan keuntungan dari capital gain yang besar kita harus pandai menganalisis suatu perusahaan dan kondisi dalam negeri dengan baik.

Dengan memahami dari mana kita mendapatkan keuntungan jika berinvestasi didalam instrument saham maka kita akan dengan mudah memaksimalkan keuntungan yang kita dapat dalam berinvestasi dan semakin yakin untuk berinvestasi saham. Jika ada pertanyaan silahkan bertanya didalam kolom komentar.

Rekomendasi Untuk Anda Bagaimana Berinvestasi Saham Bisa Menguntungkan ?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *